Tahap Perkembangan Bayi Pada Tahun Pertama Sejak Kelahiran

Tahap Perkembangan Bayi 1 – 12 Bulan – Ibu dan ayah muda yang baru pertama kali dianugerahi buah hati mungkin akan bertanya-tanya dan penasaran bagaimana si kecil melewati tahap perkembangan bayi dari mulai pertama kali lahir kedunia sampai mulai mampu berinteraksi dan tumbuh menjadi sosok anak kesayangan orang tuanya.

Pada artikel ini anda akan menyimak tahapan demi tahapa tumbuh-kembang bayi dari mulai usia dini kelahirannya hingga mencapai 12 bulan pertama setelah ia lahir. Anda yang mungkin penasaran bagaimana bayi ini berkembang bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Tahap Perkembangan Bayi Pada Tahun Pertama Sejak Kelahiran

Tahap Perkembangan Bayi Pada Tahun Pertama

Dari bayi baru lahir yang tak berdaya hingga balita aktif: Hanya butuh 12 bulan singkat bagi bayi Anda untuk menjalani transformasi yang luar biasa ini. Bayi tumbuh dan berubah dengan kecepatan yang luar biasa, dan setiap bulan membawa perkembangan baru dan menarik.

Ibu dan ayah baru sering bertanya-tanya apa yang akan terjadi selanjutnya dan bagaimana cara mengetahui apakah perkembangan bayi mereka tepat sasaran. Alih-alih berfokus terlalu banyak pada tonggak perkembangan, penting untuk diingat bahwa semua bayi berkembang dengan kecepatannya sendiri. Ada  ruang yang cukup lebar ketika bayi normal mencapai tahap perkembangan tertentu.

Beberapa bayi mungkin mengucapkan kata pertama mereka pada delapan bulan, sementara yang lain tidak berbicara sampai sedikit setelah tanda satu tahun. Dan berjalan bisa dimulai kapan saja antara sembilan dan 18 bulan.

Dengan mengingat variasi-variasi itu, inilah yang mungkin dilakukan bayi Anda setiap tiga bulan di tahun pertama.

  1. Satu hingga Tiga Bulan

Selama tahap perkembangan pertama ini, tubuh dan otak bayi belajar untuk hidup di dunia luar. Antara kelahiran dan tiga bulan, bayi Anda mungkin mulai tersenyum dengan tahapan awal yang hanya untuk dirinya sendiri tetapi dalam tiga bulan dia akan tersenyum menanggapi senyum Anda dan mencoba membuat Anda tersenyum padanya, angkat kepala dan dadanya saat berada di perutnya, lacak objek dengan matanya dan secara bertahap mengurangi penyilangan mata, buka dan tutup tangannya dan bawa tangan ke mulut, pegang benda di tangannya, dan ambil gesek atau raih benda-benda yang menggantung, meskipun ia biasanya belum bisa mendapatkannya.

  1. Empat hingga Enam Bulan

Selama bulan-bulan ini, bayi benar-benar belajar menjangkau dan memanipulasi dunia di sekitar mereka. Mereka menguasai penggunaan alat-alat atau mainan dengan genggaman tangannya. Dari usia 4 hingga 6 bulan, bayi Anda mungkin akan berguling dari depan ke belakang atau belakang ke depan, front-to-back biasanya didahulukan, mengoceh, membuat suara yang bisa terdengar seperti bahasa nyata, tertawa, jangkau dan raih benda (perhatikan rambut Anda), dan manipulasi mainan dan benda lain dengan tangannya, dan duduk dengan dukungan dan memiliki kontrol kepala yang hebat.

  1. Tujuh hingga Sembilan Bulan

Selama paruh kedua tahun ini, si kecil Anda menjadi bayi saat bepergian. Setelah mengetahui bahwa ia dapat pergi ke suatu tempat dengan berguling, ia akan menghabiskan beberapa bulan ke depan mencari cara untuk bergerak maju atau mundur.

Selama periode ini, bayi Anda dapat mulai merangkak. Ini dapat termasuk scooting (mendorong sekitar di bagian bawahnya) atau “tentara merangkak” (menyeret dirinya sendiri di perutnya dengan lengan dan kaki), serta merangkak standar di tangan dan lutut. Beberapa bayi tidak pernah merangkak, bergerak langsung dari mulai scooting ke berjalan.

Bayi anda juga akan dapat duduk tanpa dukungan. Tanggapi kata-kata yang akrab seperti namanya. Dia mungkin juga menjawab “Tidak” dengan berhenti sebentar dan melihat Anda, dan mungkin mulai mengoceh “Mama” dan “Dada.” Bertepuk tangan dan mainkan game seperti patty-cake dan peekaboo. Belajar menarik ke posisi berdiri.

  1. 10 hingga 12 Bulan

Tahap perkembangan terakhir di tahun pertama bayi cukup transisi. Dia bukan bayi lagi, dan dia mungkin terlihat dan bertindak lebih seperti balita. Tapi dia masih bayi dalam banyak hal. Dia belajar untuk mulai memberi makan dirinya sendiri. Bayi pada tahap perkembangan ini menguasai genggaman yang berarti ia dapat memegang benda kecil seperti sereal berbentuk O di antara ibu jari dan jari telunjuk mereka.

Berlayar, atau bergerak di sekitar ruangan dengan kakinya sambil memegang furnitur. Ucapkan satu atau dua kata, dan “Mama” dan “Dada” menjadi nama khusus untuk orang tua. Rata-rata adalah sekitar tiga kata yang diucapkan pada ulang tahun pertama, tetapi jangkauannya sangat besar.

Tunjuk benda yang dia inginkan untuk mendapatkan perhatian Anda. Mulailah “berpura-pura bermain” dengan menyalin Anda atau menggunakan objek dengan benar, seperti berpura-pura berbicara di telepon. Ambil langkah pertamanya. Ini biasanya terjadi sekitar satu tahun, tetapi ini bisa sangat bervariasi.

Loading...
loading...
Tahap Perkembangan Bayi Pada Tahun Pertama Sejak Kelahiran | ponselkeren.com | 4.5