Mengenal Arti dan Fungsi Root di Smartphone Android Terbaru 2017

Arti dan Fungsi Root Pada OS Android Terbaru 2017Di dunia gadget banyak istilah-istilah yang sering kita dengar, namun tidak sedikit juga yang mengerti apa arti dari istilah tersebut seperti arti dan fungsi root salah satunya. Sebelum membahas lebih jauh mengenai isi dari judul artikel ini, mari kita berkenalan dulu dengan istilah yang berhubungan erat dengan itu.

Gadget sekarang ini dalam pengoperasiannya menggunakan sistem operasi iOS (Apple), Android, dan Windows phone. Dan yang paling banyak digunakan oleh smartphone sekarang ini adalah sistem operasi Android. Kata Android begitu lekat dengan telinga kita jika membicarakan tentang telepon pintar atau smartphone, namun pernahkah kita tahu apa itu Android?.

Android adalah salah satu sistem operasi yang digunakan pada smartphone, yang populer setelah iOS Apple. Sistem operasi ini merupakan rilisan dari Google menggunakan OS Linux. Linux sendiri adalah sistem operasi yang digunakan pada PC yang baru-baru ini ditanamkan pada sistem gadget, yaitu Android. Seperti sistem Linux yang tertanam pada PC, Linux pada sistem Android memiliki kelebihan, yaitu kebal dengan serangan virus. Bahkan kelebihan yang satu ini di atas smartphone iOS Apple dan Windows phone. Selain kebal virus, Android juga memiliki sistem yang simple yang tidak akan menyulitkan atau membingungkan penggunanya yang baru mengenal Android.

Mengenal Arti dan Fungsi Root di Smartphone Android

Segala sesuatu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Selain kelebihan yang dimiliki, Android juga menyimpan kekurangan, seperti gangguan lag atau smartphone lemot. Hal itu disebabkan oleh memory RAM yang sudah terisi penuh. Sehingga jika kita membuka atau menjalankan suatu aplikasi, akan ada gangguan seperti aplikasi yang tiba-tiba berhenti sendiri atau lain-lain. Kejadian seperti ini bisa diatasi jika kita bisa menggunakan akses penuh yang dibutuhkan dalam menjalankan aplikasi atau sistem yang memerlukan izin penuh, yaitu dengan cara Root.

Arti dan Fungsi Root di Smartphone Android

Root adalah suatu sistem yang memiliki hak absolut untuk mengakses semua file, command, sistem pada sistem operasi berbasis Linux. Root memiliki akses tanpa batasan seperti mengubah, menghapus, manambah, dan merusak sistem Android kita. Jadi fungsi Root juga beragam, mulai dari menghapus file pada sistem, menambah sesuatu, sampai memodifikasi sistem android seperti ROM bawaan HP. Semua itu jika dalam keadaan bawaan HP atau standar pabrik yang berarti belum ter-root tidak bisa untuk kita mengutak-ngatik dan mengaksesnya. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan Root pada Android? Berikut ini ponselkeren.com hadirkan rinciannya untuk anda.

Kelebihan dan Kekurangan Root di Smartphone Android

Kelebihan Root

Setelah Android kita ter-Root, smartphone kita akan memiliki kelebihan-kelebihan seperti:

  1. Memiliki akses tanpa batas.
  2. Dapat memindahkan aplikasi yang ada pada memori internal ke eksternal dengan mudah.
  3. Bisa menginstal aplikasi yang membutuhkan akses Root.
  4. Custom Rom atau menginstal Rom yang sudah termodifikasi.
  5. Backup sistem.
  6. Un instal aplikasi bawaan HP yang tidak dipakai.
  7. Menambah RAM eksternal walaupun kurang efektif.
  8. Menyisipkan skrip-skrip penting seperti menstabilkan, mempercepat koneksi internet, dan ,mengiritkan baterai.

Kekurangan Root

Sedangkan diantara minus yang akan terjadi apabila smartphone android telah di-root adalah:

  1. Garansi hilang.
  2. Dapat etrserang virus.

Lihat Juga : 3 Cara Memperbaiki HP Evercoss Mati Total Yang Bisa Anda Coba

Namun dari kekurangan itu sebenarnya masih bisa diantisipasi, misalnya dengan meng-Unroot untuk mengembalikan garansi, dan menginstal antti virus agar aman dari virus-virus.

Demikianlah sedikit informasi mengenai Arti dan Fungsi Root pada Android, semoga bermanfaat dan terimakasih!

Save

Save

Save

Save

loading...
Mengenal Arti dan Fungsi Root di Smartphone Android Terbaru 2017 | Ayeeh | 4.5