Cara Membersihkan Kaca Helm Dari Buram dan Goresan

Cara Membersihkan Kaca Helm Dari Buram dan Goresan –  Alat pelindung kepala atau helm merupakan barang yang dipakai saat berkendara motor di mana fungsinya selain melindungi bagian atas dan kepala belakang juga melindungi wajah dari kebul asap kendaraan lain, angin kencang atau debu  saat berkendara dan lainnya. Bagian depan untuk melindungi wajah ini menggunakan kaca helm atau visor yang apabila terus digunakan saat berkendara akan membuatnya menjadi buram dan bahkan adanya goresan. Untuk itu diperlukan cara membersihkan kaca helm agar bagian visor ini tetap dalam kondisi baik, tidak membuat pandangan menjadi buran serta bebas dari goresan yang membuat kaca terlihat tidak bagus.

Sebagai pemilik kendaraan bermotor tentu anda memiliki barang pendukung lain untuk berkendara di jalanan sekaligus sebagai safety on the road yaitu helm. Alat pelindung kepala ini memang wajib dimiliki oleh pengguna roda dua sebagai prosedur keselamatan utama ketika berkendara. Sayangnya kegunaannya yang begitu penting terkadang tidak begitu diperhatikan soal kebersihan dan kerapihannya terutama pada bagian kaca helm atau visor sehingga berdampak pada kaca buram atau adanya goresan. Padahal partisi helm ini kalau harus diganti dengan yang baru harganya lumayan mahal lho.

Cara Membersihkan Kaca Helm Dari Buram dan Goresan

Agar bagian visor dari helm kesayangan anda tetap dalam keadaan bagus, bebas buram dan goresan, sebaiknya anda mulai rutin membersihkannya setelah cukup lama digunakan. Bagi anda yang memiliki helm dengan bagian kaca yang sudah terlanjur buram dan terdapat goresan, ada beberapa langkah sederhana yang bisa coba diterapkan sebagai upaya membersihkan kaca helm sehingga kembali kinclong dan terlihat lebih bagus kondisinya dari sebelumnya.

Cara Menghilangkan Buram dan Goresan Pada Kaca Helm

Saat kondisi kaca helm anda telah berangsur memburam akibat jarang dibersihkan, anda bisa mencoba tips sederhana untuk mengusir kotoran pada kaca helm yang mengakibatkannya menjadi buram dan membuat penglihatan penggunanya tidak begitu jelas dengan beberapa langkah sederhana seperti berikut ini.

Cara Menghilangkan Buram Pada Kaca Helm

  1. Terlebih dulu silahkan kaca helmnya dilepas agar permbersihan visor lebih mudah dilakukan.
  2. Mulai bersihkan kaca helm dengan mencucinya menggunakan air sabun dan bilas sampai bersihk. Sebaiknya bilas dengan kucuran air dan bukan merendamnya dalam genangan air pada ember atau bak agar debu dan kotoran yang menempel dikaca lebih mudah hilang.
  3. Jika dirasa debu dan kotorannya cukup membandel dan lebih susah dihilangkan, anda bisa menggunakan air hangat karena biasanya air hangat dapat diandalkan untuk urusan mengusir noda membandel.

Debu dan kotoran yang sudah dibersihkan akan membuat kaca helm kembali kincong dan tidak buram lagi. Buram pada helm diakibatkan oleh debu dan kotoran yang terus menumpuk dan tidak segera dibersihkan atau juga merupakan dampak dari pembersihan debu dan kotoran pada kaca helm yang tidak benar yang pada akhirnya membuat bagian visor helm ini menjadi terlihat buram saat digunakan berkendara.

Agar kaca helm tetap dalam kondisi bagus sebaiknya mulai terapkan kebiasaan rutin membersihkan kaca helem secara teratur menggunakan cairan pembersih khusus kaca helm yang sudah banyak tersedia di bengkel dan toko otomotif. Atau anda juga bisa membelinya melalui toko online dan memilih varian pembersih kaca helm dengan kualitas bagus dan harga yang relatif murah.

Cara Menghilangkan Goresan Pada Kaca Helm

Adapaun kaca helm yang terdapat goresan ringan di beberapa titik area visor dapat diatasi dengan beberapa langkah sederhana seperti berikut ini.

  1. Silahkan anda amplas kaca helm menggunakan amplas halus pada area goresan dengan dibantu air sabun atau air bersih yang dikucurkan. Lakukan secara berulang hingga goresan ringan pada kaca helm tidak terlihat lagi.
  2. Dampak dari amplas kaca helm mungkin akan membuat visor terlihat kusam, anda bisa membuatnya kincolng kembali dengan mengoleskan white compund pada visor tersebut.
  3. Kemudian bilas kaca helm yang udah dibersihkan dengan white compund menggunakan air mengalir yang dikucurkan.
  4. Keringkan kaca helm dengan kain lap kering yang halus dan pasang kembali visor pada helm setelah selesai dibersihkan.

Hal yang perlu diperhatikan pada saat mengamplas kaca helm adalah kehati-hatiannya. Sebab tidak semua kaca helm memiliki ketahanan yang sama. Oleh karena itu sesuaikan gesutan pada saat mengamplas kaca helm agar tidak menimbulkan kerusakan baru pada bagian visornya. Dan yang terpenting adalah melakukan pengetesan terlebih dulu pada kaca helm sedikit saja untuk memastikan apakah bisa diamplas dengan aman atau tidak. Selamat mencoba.

Loading...
loading...
Cara Membersihkan Kaca Helm Dari Buram dan Goresan | ponselkeren.com | 4.5