Apakah Software Absensi Dapat Meningkatkan Kedisiplinan?

Software Absensi – Kedisiplinan seorang karyawan terpancar dari kehadiran dan hasil kinerja. Semakin sering karyawan datang tepat waktu, semakin disiplin karyawan tersebut. Namun, pada kenyataannya ada saja karyawan yang jahil dan tidak disiplin dengan cara memasukan data kehadiran.

Biasanya pemalsuan data kehadiran ini mudah dilakukan pada sistem kehadiran manual. Agar tidak ada lagi hal-hal seperti ini, perusahaan dapat memanfaatkan Software Absensi.

Apakah Software Absensi Dapat Meningkatkan Kedisiplinan?

Sekilas Mengenai Software Absensi

Software absensi adalah sebuah perangkat lunak yang mampu mencatat, memproses, dan menyimpan data kehadiran karyawan secara real time. Data kehadiran yang masuk kedalam sistem akan terlihat oleh HRD saat itu juga hingga ke detik kehadiran karyawan tersebut.

Lalu, sistem mampu merekapitulasi data kehadiran dalam kesatuan timesheet agar mudah dianalisis oleh HRD dalam kepentingan tertentu dalam aspek pengelolaan karyawan. Validitas dari data kehadiran tak perlu diragukan lagi. Sebab, data kehadiran yang masuk tidak melalui dan disentuh oleh pihak manapun. Jadi tidak mungkin data dimanipulasi oleh karyawan dengan mudah.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Software absensi memiliki banyak manfaat bagi HRD. Berkat bantuan sistem, HRD dapat melakukan rekapitulasi dan analisis data kehadiran jauh lebih cepat dibandingkan kehadiran manual. Kemudian data kehadiran dalam sistem software absensi juga dapat diintegrasikan dalam sistem payroll. Sehingga HRD tak perlu repot untuk memasukkan data kehadiran secara manual sebelum melakukan penggajian bulanan.

Bagaimana Software Absensi Mempengaruhi Kedisiplinan?

Otomatisasi dan arus data yang real time dalam software absensi secara tak langsung membuat karyawan lebih disiplin, loh! Bagaimana bisa? Penjelasannya cukup sederhana. Karyawan setiap hari mencatatkan jam kehadiran dan selesai bekerja. Data tersebut berpengaruh terhadap penggajian dan penilaian kinerja karyawan. Karyawan yang selalu datang lebih awal dan menyelesaikan tugas dengan baik cenderung mendapatkan penilaian memuaskan dari segi kinerja. Sebaliknya, karyawan yang selalu datang terlambat dinilai memiliki kinerja dan attitude yang buruk.

Karyawan yang jahil dan tak bertanggung jawab bisa saja memalsukan data kehadiran mereka, yang sebenarnya datang terlambat mereka tulis datang tepat waktu di kertas kehadiran. Bagaimana dengan absensi yang menggunakan kartu? Karyawan bisa menitipkan kartunya kepada temannya. Akan tetapi berbeda dengan software, dimana karyawan harus melakukan pencatatan kehadirannya melalui ponsel pintar masing-masing dan tidak bisa dititipkan kepada siapa pun.

Karena karyawan tahu bahwa data kehadiran yang tercatat melalui software absensi tidak dapat dipalsukan atau dimanipulasi, karyawan akan selalu datang tepat waktu. Jumlah karyawan tepat waktu yang banyak akan mempengaruhi karyawan lainnya. Dengan begitu, budaya kerja yang teratur dan disiplin perlahan akan terbentuk dan menjadi kebiasaan tersendiri. Tentu hal ini adalah hal yang bagus bagi perusahaan untuk meningkatkan citra dan keharmonisan hubungan perusahaan dengan karyawan.

Berdasarkan penjelasan diatas, wajar saja bila banyak perusahaan mulai beralih ke software absensi. Kemudahan dari software dapat menguntungkan karyawan, HRD, dan perusahaan secara keseluruhan. Ingin merasakan software absensi di perusahaan Anda? LinovHR adalah vendor terpercaya yang dapat membantu perusahaan Anda dalam mewujudkan sistem absensi digital terbaik. Hubungi LinovHR untuk informasi lebih lengkap melalui tautan berikut!

Loading...
loading...
Apakah Software Absensi Dapat Meningkatkan Kedisiplinan? | ponselkeren.com | 4.5