Cara Upload Video di Google Classroom
Cara Upload Video di Google Classroom

Cara Upload Video di Google Classroom

Posted on

ponselkeren.com

Hey, teman-teman! Kamu udah tau belum, sekarang ada platform seru buat belajar online yang bikin proses belajar jadi makin asyik dan gak bikin bosen. Namanya Google Classroom! Pasti kamu udah kenal sama Google, kan?

Kali ini, mereka bikin sesuatu yang keren banget buat dunia pendidikan.

Google Classroom ini seperti kelas virtual, tapi versi canggih dan sangat mudah digunakan. Bukan cuma buat guru, siswa juga bisa ikutan seru-seruan di sini.

Gak perlu lagi ribet bawa-bawa buku atau tugas fisik. Semuanya bisa dilakukan online! Ada rahasia seru nih! Kamu bisa Upload Video di Google Classroom. Bayangkan, bisa berbagi ide dan hasil karya dengan teman-teman dan guru dalam bentuk video. Asyik banget, kan?

Biar gak penasaran, yuk kita bahas serunya Google Classroom dan tips mengunggah video-nya. Langsung aja, baca artikelnya, jangan sampai ketinggalan!

Siap-siap jadi ahli Google Classroom yang handal dan terkenal di sekolah atau kampus, ya! Ayo mulai petualangan kita di dunia digital belajar dengan Google Classroom!

Cara Upload Video di Google Classroom
Cara Upload Video di Google Classroom

Mengapa Penting untuk Upload Video di Google Classroom

Pernah gak kamu berpikir, kenapa sih video itu penting banget di era digital ini, khususnya di Google Classroom? Yuk, kita bahas! Pertama, video bisa jadi alat belajar yang efektif. Dengan video, kamu bisa melihat dan mendengar langsung penjelasan materi yang sedang dipelajari. Gimana gak efektif? Kita jadi lebih mudah mengerti dan mengingat materi tersebut.

Kedua, video bisa membuat proses belajar jadi lebih menarik. Siapa sih yang gak suka nonton video? Dengan video, materi yang tadinya mungkin terasa membosankan jadi lebih hidup. Guru bisa jadi kreatif dengan video, mulai dari slide presentasi yang diisi suara sampai video eksperimen fisika.

Ketiga, video juga bisa jadi alat untuk berbagi ide dan hasil karya. Gak cuma guru, siswa juga bisa membuat dan Upload Video di Google Classroom. Misalnya, tugas membuat video dokumenter tentang lingkungan, atau mungkin video tutorial memasak. Seru kan?

Jadi, itu tadi beberapa alasan mengapa penting untuk mengunggah video di Google Classroom. Gimana, tertarik untuk coba?

Gambaran Umum tentang Google Classroom

Sekarang, mari kita beralih ke topik kedua kita, yaitu Google Classroom. Apa sih Google Classroom itu? Tenang, gak usah bingung, kita bakal bahas di sini.

Google Classroom adalah platform belajar online yang dirancang oleh Google. Di Google Classroom, kamu bisa melakukan banyak hal, mulai dari membuat kelas, memberi tugas, berdiskusi, sampai mengumpulkan tugas. Semua bisa dilakukan di satu tempat. Praktis kan?

Ayo, mulai jelajahi Google Classroom dan rasakan serunya belajar di dunia digital!

Mengenal Google Classroom

Google Classroom adalah platform belajar online yang dirancang khusus oleh Google. Dengan Google Classroom, guru bisa membuat kelas dengan mudah, dan siswa bisa bergabung di kelas tersebut. Setelah bergabung, siswa dapat melihat tugas yang diberikan oleh guru dan mengumpulkan tugas tersebut dengan mudah.

Keunggulan Google Classroom

Yang paling keren dari Google Classroom adalah integrasinya dengan aplikasi Google lainnya, seperti Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides. Jadi, kamu bisa membuat tugas langsung di Google Classroom atau mengunggah file dari Google Drive. Selain itu, kamu juga bisa mengunggah video di Google Classroom, membuat platform ini sangat lengkap dan serbaguna.

Apa Itu Google Classroom?

Buat kamu yang masih bingung, Google Classroom bisa dibilang seperti kelas virtual. Bedanya, kelas ini versi canggih karena dibuat oleh Google. Dengan Google Classroom, kamu bisa belajar dan mengajar dari mana saja dan kapan saja, tanpa harus berada di gedung sekolah atau universitas.

Fungsi Google Classroom

Sekarang, yuk kita bahas apa saja yang bisa dilakukan dengan Google Classroom:

  1. Membuat dan Mengatur Kelas:
    • Guru bisa membuat kelas baru, mengundang siswa, dan mengatur tugas di kelas tersebut. Praktis, kan?
  2. Memberikan dan Mengumpulkan Tugas:
    • Guru bisa memberikan tugas kepada siswa, dan siswa bisa mengumpulkan tugas tersebut secara online. Jadi, kamu gak perlu takut lupa bawa tugas lagi!
  3. Diskusi:
    • Di Google Classroom, kamu bisa melakukan diskusi kelas atau diskusi kelompok. Jadi, meskipun belajar dari rumah, kamu masih bisa berinteraksi dengan teman-teman.
  4. Integrasi dengan Aplikasi Google Lainnya:
    • Google Classroom bisa terintegrasi dengan Google Docs, Google Slides, dan Google Drive. Kamu bisa membuat, mengedit, dan mengunggah file langsung dari Google Classroom.

Kenapa Harus Coba Google Classroom?

Dengan semua fungsi tersebut, belajar jadi makin mudah dan menyenangkan. Kamu tertarik untuk mencobanya? Yuk, mulai gunakan Google Classroom untuk pengalaman belajar yang lebih seru dan efektif!

Cara Upload Video di Google Classroom

Buat kamu yang baru belajar menggunakan Google Classroom, pasti banyak hal baru yang ingin dipelajari. Salah satunya mungkin adalah cara mengunggah video ke Google Classroom. Tenang saja, kali ini kita akan membahasnya. Yuk, mulai belajar!

1. Membuka Google Classroom

Pastikan kamu sudah memiliki akun Google dan bisa mengakses Google Classroom. Caranya gampang:

  • Buka browser di komputer atau smartphone kamu.
  • Ketik classroom.google.com di kolom pencarian, lalu tekan Enter.
  • Klik Sign in di pojok kanan atas.
  • Masukkan akun Google kamu. Jika sudah login dengan akun Google di browser tersebut, tinggal pilih akun yang akan digunakan.
  • Voila! Kamu sudah masuk ke halaman utama Google Classroom. Di sini kamu bisa melihat semua kelas yang kamu ikuti atau membuat kelas baru.

2. Membuat atau Memilih Kelas

Setelah berhasil masuk ke Google Classroom, langkah selanjutnya adalah membuat atau memilih kelas. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Membuat Kelas Baru: Klik + di pojok kanan atas, lalu pilih Buat kelas. Isi informasi yang dibutuhkan, lalu klik Buat. Kelas baru kamu siap!
  • Memilih Kelas: Klik kelas yang ingin kamu akses di halaman utama Google Classroom.
  • Bergabung ke Kelas: Klik + di pojok kanan atas, lalu pilih Gabung kelas. Masukkan kode kelas yang diberikan oleh guru kamu, lalu klik Gabung.

Mudah kan? Sekarang kamu sudah bisa membuat, memilih, atau bergabung ke kelas di Google Classroom.

3. Membuat Tugas Baru dengan Video

Setelah masuk ke kelas yang diinginkan, bagaimana caranya membuat tugas baru dan mengunggah video? Caranya gampang banget!

  • Di halaman kelas, klik Buat, lalu pilih Tugas.
  • Masukkan detail tugas, seperti judul dan deskripsi.

4. Mengunggah Video dari Google Drive atau Komputer

Google Classroom memungkinkan kamu mengunggah video dari Google Drive atau komputer. Begini caranya:

Mengunggah Video dari Google Drive
  • Di jendela Buat Tugas, klik Tambahkan, lalu pilih Google Drive.
  • Cari video yang ingin diunggah, lalu klik Tambahkan.
Mengunggah Video dari Komputer
  • Di jendela Buat Tugas, klik Tambahkan, lalu pilih File.
  • Cari video yang ingin diunggah, lalu klik Unggah.

5. Menambahkan Deskripsi dan Tanggal Jatuh Tempo

Setelah video berhasil diunggah, jangan lupa menambahkan deskripsi dan tanggal jatuh tempo tugasnya. Caranya:

  • Di jendela Buat Tugas, masukkan deskripsi tugas di bagian Deskripsi.
  • Pilih tanggal jatuh tempo tugas di bagian Tanggal jatuh tempo.
  • Jika semua sudah selesai, klik Tetapkan.

Sampai di sini, kamu sudah berhasil membuat tugas baru dan mengunggah video ke Google Classroom. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *